SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


12.11.2008 11:30:58 874x dibaca.
ARTIKEL
WORKSHOP MUSIK ETNIK BERSAMA GILANG RAMADHAN

Musik etnik merupakan musik yang menonjolkan musik khas dari suatu daerah atau suatu musik rakyat, misal kendang, gamelan dari jawa, jembe dari Afrika, genderang dari irian, kulintang dari jawa, dsb. Dengan sedikit ekplorasi sang maestro musik SD PL Solo yaitu Mas Didik menggabungkan musik etnik yaitu kulintang, gamelan, dengan seni musik modern yaitu ensamble (pianika, seruling, blira, biola), band. Setelah berproses beberapa waktu akhirnya terbentuklah kolaborasi yang sangat apik untuk diperdengarkan. Dua lagu yaitu gambang suling dan cublak-cublak suweng di aransement sangat luar biasa oleh Mas Didik.

Sedianya kolaborasi ini akan ditampilkan dalam acara SIEM (Solo Internasional Etnique Music) tetapi karena suatu hal panitia SIEM membatalkannya. Kebetulan di saat yang berdekatan Mas Gilang Ramadhan, Maestro drum Indonesia mengadakan workshop tentang musik etnik ini di auditorium RRI Solo dan kami diminta tampil. Tawaran bermain bersama dengan musisi kawakan ini langsung disambut baik oleh Tim Kesiswaan SD PL Solo. Pada hari Minggu tanggal 2 November 2008, kolaborasi ini tampil dengan hebat. Kami tampil pada giliran ke dua, meskipun panggung agak sempit, tapi semua siswa menampakkan wajah bersemangat dan sedikit grogi.

Sesaat kemudian dengan aba-aba dari Mas Didik alunan pianika di barisan depan panggung bersautan dengan jembe dan gamelan yang terdiri dari saron, demung, saron penerus, bonang barung. Tak ketinggalan pula irama musik dari suara kulintang yang berpadu dengan keyboard dan biola menambah semarak lagu Gambang Suling dan Cublak-Cublak Suweng yang dinyanyikan oleh tim paduan suara inti, yang pada tahun ini juga berhasil meraih juara ke 3 di lomba paduan suara Tingkat Yogya dan Jateng yang diadakan Gramedia.

Setelah beberapa penampilan group etnik lain, tiba saatnya mas Gilang memeberikan workshop tentang musik, khususnya musik drum. Mas gilang mengatakan bahwa setiap manusia itu hidup dengan irama yaitu detak jantung itulah musik hidup, imbuhnya. Dari sinilah mas Gilang menyampaikan bahwa musik dan irama itu sangat memepengaruhi kehidupan kita, dan kita belajar musik tidak harus menjadi artis tetapi untuk mencari kepuasan dalam hidup. Setelah beraksi dengan drum yang dimodifikasi dengan ditambahi kecrek, kenong, gendering, kemudian mengajak semua teman dari SD PL untuk ngejam bareng. Waaaah semuannya semangat, dengan sedikit arahan dari mas Gilang dan beberapa instructor kolaborasi iramapun mulai indah didengarkan….hebaaaat.

Kemudian mereka berphoto bersaama , senengnya mereka bisa photo bareng dengan artis, dan sebagian minta tanda tangan juga.

Acara ini sangat meningkatkan motivasi siswa untuk terus bermusik. Dengan dukungan orang tua kreatifitas mereka tersalur dengan baik. Adi








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/