SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 24 Juli 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


31.01.2009 13:27:50 940x dibaca.
ARTIKEL
SEMINAR GURU TK B DI SD PANGUDI LUHUR SOLO

Tanggal 24 Januari 2009 SD Pangudi Luhur Solo mengadakan seminar untuk semua guru TK B di Surakarta tentang “Memahami Anak Melalui Hypnoparenting”. Pembicara yang hadir dalam seminar ini yaitu Pak Yosef Yusman HW yang juga merupakan orang tua siswa dari kelas 2, yang sudah berpengalaman dalam smartbrain. Didampingi oleh seorang psikolog anak yaitu Ibu Pauline P.O. Mahendradewi Spsi.,Psi.

Setelah dibuka dengan doa oleh ibu Irmina. Sambutan dari Br. Antonius Parjana, FIC, S.Pd. selaku koordinator sekolah dan Ibu Anik selaku Ketua Panitia. Di sesi yang pertama Pak Yosef menekankan tentang persoalan pada anak secara psikologis dan kiat-kiat untuk menanganinya. Beliau memberikan beberapa contoh untuk menggunakan pendampingan yang tepat secara psikologis baik melalui tindakan atau lisan. Menggunakan kata atau kalimat yang tepat dapat mempengaruhi anak untuk bisa keluar dari masalahnya. Beliau juga menganjurkan agar jangan menggunakan obat, tetapi datang ke psikolog jika memang diperlukan.


Ibu Pauline lebih fokus tentang metode dalam membuat anak lebih mudah dalam belajar terutama menghapalkan sehingga mereka tertantang untuk senang dalam belajar. “Kita langsung praktek saja yaa”, ujuar bu Pauline. Beliau menyuruh peserta menyebutkan 20 nama barang yang ada di kelas, dan diberi waktu sesaat untuk menghafal dan disuruh menyebutkan kembali. Metode terbaik ternyata dengan memakai imajinasi kita untuk saling menghubungkan kata tersebut dengan tubuh secara berurutan misal no 1, AC dihubungkan dengan rambut, menjadi AC menempel di rambut dan seterusnya. Teknik yang kedua dengan menghubungkan 2 benda menjadi kalimat misal jam dan almari menjadi ada jam di dalam almari dan seterusnya. Dan semua peserta juga heran ternyata mereka mampu dengan mudah menghafalkannya. Metode ini sangat baik untuk siswa dalam belajar, imbuh bu Pauline.

Menurut Ibu Mamik acara ini sangat bagus untuk meningkatkan relasi dengan TK langganan, sekaligus promosi sekolah. Selain itu acara ini juga menunjukkan tentang perhatian SD Pangudi Luhur tentang perkembangan pendidikan yang tepat untuk anak, dan menunjukkan kesiapan kita untuk dipercaya mendidik anak menjadi pribadi yang utuh dan berkualitas, mengutip paparan Bruder Anton dalam sambutannya. Adi








^:^ : IP 54.161.118.57 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2019  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/