SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


20.10.2008 23:04:39 738x dibaca.
ARTIKEL
RANGKAIAN ZIARAH SD PANGUDI LUHUR SOLO DI BULAN MARIA

Dunia anak-anak merupakan saat yang paling tepat untuk berkenalan dan bereksplorasi dengan segala hal. Saat usia anak inilah mereka mempunyai memory yang sangat cepat berkembang, saat yang tepat untuk menerima suatu dasar-dasar kehidupan. Selain dasar dalam ilmu melalui pelajaran yang ada, juga pembentukan dasar mental dan segi rohani. Berpijak dari pernyataan tersebut maka emperkenalkan dan mempertegas aspek rohani dan iman menggereja dan berdoa merupakan salah satu program yang dilaksanakan SD Pangudi Luhur Solo di Bulan Maria ini.


Pada hari Jumat,10 Oktober 2008 siswa kelas 1 dan 2 mengadakan ziarah ke Gua Maria Mojosongo. Perjalanan menempuh kurang lebih 40 menit dari sekolah. Ini merupakan  pengalaman pertama bagi siswa kelas 1-2 untuk melakukan perjalanan bersama naik bis. Mereka diajarkan untuk mandiri, di dalam bis mereka duduk sendiri tidak ditemani orang tua dan dalam satu bis terdiri dari beberapa kelas. Ini juga pembelajaran bagi mereka untuk mengenal teman-teman dari kelas lain. Seampainya di tempat tujuan denagn bimbingan guru pendamping yaitu para wali kelas 1 dan 2, serta ditemani oleh beberapa orang tua siswa yang secara sukarela membantu kepanitiaan para siswa berjalan dengan tertib menuju lokasi ziarah.

Sesampainya di Gua Maria Mojosongo ada yang sudah terbiasa karena mungkin sering di ajak orang tua mereka, tapi ada pula yang sangat excited dengan tempat baru yang mereka kunjungi. Setelah para siswa diatur tempat duduknya ibadat segera dimulai, dipimpin oleh Pak Suraya. Para siswa diajak untuk bersyukur dan berdoa untuk keluarga dan dirinya sendiri. Dalam Homilinya Pak Royo juga secara aktif mengajak siswa berdialog tentang bacaan. Ketika ditanya ada pula jawaban mereka yang spontan dan sangat lucu, namanya juga anak-anak.

Selanjutnya dilanjutkan dengan Doa Rosario yang dipimpin Ibu Mamik dan Ibu Wasti, kegiatan ini juga melibatkan para siswa untuk aktif dalam berdoa secara bergantian. Acara diakhiri sekitar pukul 10.00 dan para siswa langsung berjalan menuju bis, untuk perjalanan pulang ke sekolah.


Giliran siswa kelas 3 dan 4 untuk berziarah. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Oktober 2008 di Gua Maria Marganingsih dan dilanjutkan mengunjungi tempat pembuatan gerabah dan keramik. Dipimping oleh ketua rombongan Pak Mugi, bis menyusuri jalan Solo - Jogja dan masuk daerah Bendogantungan, Klaten untuk menuju ke Gua Maria Marganingsih. Sesampainya di sana siswa langsung duduk di sekitar pelataran depan patung Bunda Maria untuk memulai ibadat yang dipimpin Bu Wiwin.

Homili diisi oleh Bu Sinta, dengan cerita yang menarik tentang “lampu taman dan sapu lidi” Bu Sinta mengajak para siswa untuk menyadari bahwa setiap pribadi punya tanggung jawab yang harus dipikul, kita tidak boleh saling iri akan kesenangan orang lain. Ibadat diakhiri dengan doa Rosario yang dipimpin oleh Ibu Irmina, dimana secara bergantian para siswa juga membantu dengan berdoa Salam Maria. Setelah para siswa diberi waktu sesaat untuk berdoa pribadi, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat pembuatan gerabah dan keramik, yang kebetulan lokasinya hanya di depan Gua Maria Marganingsih.

Para siswa dapat melihat proses pembuatan gerabah dari tanah sampai akhirnya terbentuk suatu karya seni yang indah. Namun sayang kali ini para siswa belum bisa mencoba untuk mencoba membuat gerabah hasil karyanya sendiri karena keterbatasan waktu. Setelah makan siang di lokasi Gua Maria Marganingsih para siswa kembali ke bis untuk menuju ke sekolah kembali, dan sekitar pukul 13.30 kami tiba di SD Pangudi Luhur Solo.

Untuk kelas 5 dan 6 ziarah kali ini dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Oktober 2008 ke Gua Maria Kerep, Ambarawa. Diawali berkumpul di halaman sekolah sesuai dengan kelompok bis yang sudah dibagi sehari sebelumnya, para siswa berangkat pukul 07.30. Di dalam ssetiap bis terdiri dari perwakilan semua kelas sehingga para siswa bisa saling mengenal dengan adik atau kakak kelasnya. Perjalanan menuju lokasi sangat lancar serta cuaca yang cerah.

Sesampainya di terminal  siswa segera berjalan kaki menuju Gua Maria, sebagia mengeluh kecapekan maklum mereka jarang berjalan jauh, tetapi berkat bimbingan para pendamping yaitu semua guru dan karyawan mereka semua sampai dengan senang. Di lokasi Giua Maria Kerep mereka langsung dikumpulkan di aula untuk melaksanakan ibadat yang dipimpin oleh Pak Suraya. Dalam Homilinya Pak Raya menyampaikan bahwa dalam bulan Oktober ini kita semua di ajak untuk berdoa khususnya kepada Bunda Maria, dan juga lebih banyak bersyukur atas segala rahmat yang sudah kita terima. Ibadat diakhiri dengan Doa Rosario yang dipimpin oleh Bu Mulyani. Setelah diberi kesempatan berdoa sekitar 10 menit siswa segera berjalan kaki kembali ke bis untuk melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya para siswa mengadakan kunjungan di Seminari Mertoyudan, meskipun agak molor dari waktu yang dijanjikan tetapi kami disambut dengan meriah oleh para seminaris. Saat dikumpulkan di kapel besar Rama Pri memberikan pengantar tentang keadaan seminari dan beliau sangat senang mendapat kunjungan dari para siswa SD PL Solo ini. Selanjutnya Pak Lusi sebagai pimpinan rombongan juga menyampaikan bahwa memperkenalkan tempat dan proses pendidikan calon imam khususnya Seminari Mertoyudan juga merupakan tanggung jawab SD PL Solo sebagai sekolah Katolik, yang juga mengharapkan bisa menyumbang siswanya untuk menjadi imam. 

Didampingi para siswa seminari siswa SD PL diajak berkeliling mulai dari kamar tidur para siswa, ruang kelas, dan fasilitas yang ada. Selain itu para siswa seminari ini juga menceritakan pengalaman mereka selama belajar di Mertoyudan ini. Para siswa juga ada yang bertanya kpan pulang ke rumah kak? Makannya apa aja di sini?. Mereka juga mengajak anak-anak melihat ke kandang babi, dan banyak anak yang merasa jijik dengan bau si babi. Setelah selesai kami segera berwisata ke Candi Borobudur. Sempat antri beberapa saat kemudian para siswa segera berjalan menuju lokasi dan pada langsung berkeliling dan menuju puncak dari candi. Beberapa anak dengan asyik mengamati relief candi dan ada yang coba merogoh stupa untuk menyentuh patung di dalamnya. Kegiatan berakhir sekitar pukul 16.30 dan kami segera melanjutkan perjalanan pulang ke Solo.

By: Adi








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/