SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


12.11.2008 11:29:37 826x dibaca.
ARTIKEL
PERAYAAN BULAN BAHASA 2008 DI SD PANGUDI LUHUR SOLO

“EKSPRESIMU, EKSPRESIKU, MOTIVASI KITA”

Menuruit Gorys Keraf dalam bukunya bahwa  bahasa juga memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yakni sebagai alat untuk mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial (Keraf, 1997: 3). Sebegitu pentingnya bahasa ini sehingga hal ini di tempatkan dalam skala prioritas utama dalam mendidk seorang anak untuk mencapai perkembangan menjadi manusia yang utuh.

Pernyataan di atas menjadi latar belakang diadakan acara khusus dalam rangka bulan bahasa 2008, yang kita peringati setiap bulan Oktober.  SD Pangudi Luhur Solo memperingati Bulan Bahasa ini dengan kegiatan yang sederhana namun sangat menarik dan membekas di hati para siswanya. Berawal dari ide Bu Anik, guru bahasa Inggris kami, menurut beliau kita perlu mengadakan sebuah program yang sangat luar biasa yaitu memberikan suatu ruang atau media kepada siswa untuk berekspresi dengan menggunakan bahasa. Akhirnya hari Jumat, 31 Oktober 2008 antara pukul 09.00 – 11.00 acara ini digelar, dengan tema “Ekspresimu, Ekspresiku, Motivasi Kita”. Tujuan utama acara ini yaitu untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berbahasa dan untuk berbagi semangat untuk belajar lebih giat.

Dengan pendampingan wali kelas di tiap angkatan semua anak kumpul di halaman sekolah dengan membawa spidol marker. Dengan bentangan kain spanduk yang beraneka warna mereka mulai menuliskan kata, frase, kalimat yang berisi motivasi. Sesaat kemudia kain spanduk yang kosong sekarang berubah menjadi terisi oleh untaian kata mutiara dan slogan yang dapat membangkitkan motivasi kita. Ada siswa yang menuliskan motivasi dengan kalimat panjang seperti “Iman tak berarti tanpa perbuatan”, “Mari belajar dengan keras untuk meraih kesusuksesan” tetapi ada pula yang menulis sangat singkat tapi maknanya luarbiasa “Berusahalah!”. Ini semua ekspresi dari siswa yang sangat kami banggakan.

Selagi para siswa menulis di spanduk beberapa siswa yang lain menampilakan kebolehan mereka berekspesi secara lisan dalam berbagai bahasa dengan membacakan puisi, bercerita dengan bahasa Inggris, Jawa, dan Mandarin, ada yang bernyanyi dengan bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Tidak lupa pula penampilan Pak Lusi yang bercerita dalam bahasa Jawa suatu petikan cerita dari korang yang dibacanya pagi hari itu  Dan teman-teman mereka mendengarkan meskipun tidak semua memahami bahasa yang disampaikan tetapi pesan yang tersirat disampaiakan kembali oleh bu Mul selaku pembawa acara dengan bahasa Indonesia sehingga semua siswa dapat memahaminya.

Setelah semua menulis kemudian kain spanduk dibentangkan di halaman sekolah. Para siswa dengan bangga saling menunjukkan hasil tulisannya kepada teman yang lain. Gayuh siswa kelas 6C, mengatakan bahwa acaranya asyik dan bisa menambah semangat untuk lebih berprestasi karena semua teman saling mendukung, saya menulis “Kita harus saling menghargai”, imbuhnya. Begitu juga dengan Willy siswa kelas 5D menyatakan dengan singkat bahwa membaca tulisan teman membuat jadi lebih semangat, “saya menulis Ora et labora, Pak”, sambil mengepalkan tangan kanannya.  Mereka saling berbagi motivasi, tidak ketinggalan juga  giliran semua guru dan karyawan menuliskan semangat mereka dalam berbagai bahasa. Pulang sekolah para siswapun dengan bangga mengajak orangtua ke halaman dan menunjukkan hasil karya mereka, hari itu halaman sekolah menjadi tampak berwarna-warni dari kain spanduk dan beraneka motivasi untuk kemajuan kami semua di SD Pangudi Luhur Solo ini. Adi








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/