SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


24.09.2008 11:48:52 1038x dibaca.
ARTIKEL
PENTAS SENI YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG SURAKARTA

PENTAS APRESIASI SENI
YAYASAN PANGUDI LUHUR CABANG SURAKARTA

Hari Minggu merupakan hari yang sangat asyik untuk membuat acara dengan keluarga. Demikian juga keluarga besar Yayasan Pangudi Luhur cabang Surakarta, pada tanggal 14 September 2008 kami menjgadakan acara Apresiasi Seni untuk semua siswa sekolah Yayasan Pangudi Luhur di kota Surakarta, yaitu TK-SD St. Valentinus, SD Pangudi luhur 1-2, SMP Bintang Laut, dan SMA St, Yosef di THR Sriwedari. Acara ini sepenuhnya didukung oleh pengelola THR Sriwedari mulai dari tempat, sound system, tiket masuk siswa, guru dan karyawan, Acara dimulai pada pukul 10.00WIB dengan dibuka dengan doa oleh Pak Lusiyanto dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bruder Anton Parjana. Pada sambutan ini Bruder menyampaikan bahwa program ini sangat bagus untuk meningkatakan keberanian siswa untuk tampil dan meningkatkan kreatifitas mereka. Sambutan dilanjutkan oleh pihak pengelola THR Sriwedari. Beliau menyampaikan bahwa THR Sriwedari merupakan bagian dari kota Solo dan beliau mengajak kita semua untuk menggunakan bersama untuk perkembangan kita, terutama kaum muda dan anak-anak di kota Solo tercinta ini.

Acara Apreasiasi Seni dimulai dengan penampilan Band Aorta daei SMP Bintang Laut. Kemudian  seiring penuhnya kursi yang disediakan untuk penonton dipadati oleh keluarga besar YPL cabang surakarta, acara di lanjutkan dengan penampilan siswa-siswa dari TK dan SD, yaitu Koor dari TK St. Valentinus dan Tari Nusantara, yaitu tarian dengan memakai kostum berbagai pakaian adat berbagai daerah di Indonesia dari SD PL 1-2. Sambil menikmati permainan para siswa terutama siswa TK dan SD menikmati acara sekaligus bermain berbagai wahana yang ada di sekitar panggung seperti komedi putar, rumah hantu , mini coaster kereta api, boomboom car dan permainan lainnya. Tari Manipuri dari SMP Bintang Laut, dilanjutkan Modern Dance dari SD PL 1-2 mengisi acara berikutnya. Kemudian saatnya TK dan SD Valentinus langsung menampilkan tiga pertunjukan sekaligus yaitu  Pencak Silat, Koor, dan Tari Badiding. Para seniorpun tidak ketinggalan setelah diselingi penampilan genit dari para peragawati cilik SD Valentinus dan SD PL 1-2, giliran para siswi SMA Yosef. Grup Cheer Leader mereka memadukan gerak dan lagu dengan gesitnya di pelataran bawah panggung.

Menjelang siang acara semakin menarik, secara berturut-turut penampilan tari Merak dari SD Valentinus, Band Sunqiest dari SD PL 1-2, Acapella dari SMP Bintang Laut. Kreatifitas yang sangat hebat juga dipertunjukan siswa-siswi SMA Yosef melalui Taeter kebanggan mereka yaitu Teater Biru dengan menampilakan perpaduan monolog yang diiring  perkusi dan tarian, dibumbui oleh seni daerah yaitu kuda lumping di pelataran panggung. Tidak ketinggalan pula perpaduan koor dan keroncong dari SMA Yosef. Sebelumnya di isi oleh penampilan dance dari SMP Bintang Laut. Menjelang siang ini acara di dominasi penampilan oleh para siswa dari SMP dan SMA. Lenggak-lenggok para calon supermodel dari SMP dan SMA menjadi sajian selanjutnya dengan berabagai model pakaian yang sedap dipandang. Sebelum diakhiri acara dilengkapi dengan penampilan Band dari SMP BL, Dance dari SMA Yosef, dan yang terakhir Band dari SMA Yosef yang cukup membuat penonton bersemangat kembali.

Apresiasi Seni semua sekolah Yayasan Pangudi Luhur Surakarta diakhiri sekitar pukul 14.30 dengan doa penutup oleh Pak Tri dari SMP BL. Secara keseluruhan acara ini sangat bagus untuk semakin memacu kreatifitas dan keberanian para siswa sekolah YPL untuk berani tampil dna menunjukan sesuatu yang terbaik dari mereka. Ekaligus program acara seperti ini sangat cocok untuk menunjukkan kepada masyarakat eksistensi sekolah-sekolah YPL. Selain itu secara tidak langsung acara Apresiasi Seni ini juga sebagai pertemuan keluarga bagi semua guru dan karyawan YPL cabang Surakarta ini, dari sinilah hubungan antar unit kerja menjadi semakin hangat dan asyik.VIVA YPL

By: Adi-SD PL Solo








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/