SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Senin, 16 Desember 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


18.12.2008 12:11:45 1138x dibaca.
ARTIKEL
PENGEMBANGAN POTENSI GURU

BERBAHASA INGGRIS, SIAPA TAKUT!

Setelah mengadakan pembelajaran di kelas selama kurang lebih 20 kali pertemuan akhirnya pada hari Kamis dan Jumat tanggal 10-11 Desember 2008 bapak ibu guru SD Pangudi Luhur Solo melaksanakan test kemampuan Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk guru ini merupakansalah salah satu program untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di SD PL Solo, terutama untuk staf pengajar dan karyawan di SD PL Solo. Dengan bekerja sama dari ELTI Solo dan didampingi guru bahasa Inggris sekolah, di setiap hari Jumat siswa dipulangkan pukul 12,00, dan pukul 12.30 ganti bapak ibu guru tidak mau kalah dengan siswanya untuk belajar bahasa Inggris hingga pukul 15.00.


Program ini dimulai sejak bulan Agustus 2008, di awal pembelajaran bapak ibu guru kelihatan shock setelah mungkin terakhir belajar dan memakai bahasa Inggris saat di SMA atau SPG. Mereka masih malu dan takut untuk mengucapkan kata meskipun hanya yes dan no. Dengan materi pengajaran dan penyampaian yang asyik, setelah beberapa minggu kelas mulai tampak lebih hidup.

 

Bapak ibu guru mulai tidak canggung menyampaikan dan berdialog dalam bahasa inggris sesuai tema sederhana yang diberikan. Memang kendala terbesar yang saya amati yaitu masalah kepercayaan diri untuk menyampaikan segala sesuatu dalam bahasa Inggris, tetapi paling tidak bapak ibu guru mendapatkan banyak kosakata yang akan lebih bermanfaat untuk berbahasa Inggris secara pasif. Seperti apa yang diutarakan ibu Tri guru kelas 6, “sekarang saya jadi lebih paham tentang kosakata dan memahami kalimat yang sering dipakai dalam bahasa Inggris, tetapi saya kurang PD kalo ngomong”.

 

Sungguh program pengembangan diri bahasa Inggris ini sangat penting di jaman yang serba canggih ini, informasi mengalir tanpa ada batasnya. Disetiap kita bergerak atau melakukan sesuatu, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan, kita tidak dapat menghindari munculnya unsur bahasa inggris. Berpijak dari sinilah bapak ibu guru juga sangat bersemangat meski harus pulang pukul 15.00. Terlebih lagi saat test tanggal 15 Desember. Mereka belajar sungguh-sungguh di sela waktu istirahat. Ibu Anik guru bahsaa Inggris di SD PL ini juga tampak agak sibuk membimbing bapak ibu guru yang bertanya mengenai grammar, kosakata, atau pengucapan dalam bahasa Inggris. Untuk test dilaksanakan 2 tahap yaitu Speaking dan besoknya Listening dan tertulis.


Yang juga utama dalam keberhasilan program ini yaitu follow up setelah kontrak dengan ELTI berakhir. SD PL Solo tetap akan melanjutkan program bahasa inggris ini tetapi akan didampingi oleh guru bahasa Inggris yang ada yaitu Bu Anik dan Pak Adi. Seperti yang disampaikan oleh Pak Budi,”Program ini harus ditindaklanjuti keburu nanti lupa lhoo”.

 

Bu Anik menambahkan bahwa kita akan memanfaatkan sarana yang ada yaitu perpustakaan, Lab komputer, koneksi Internet, dan Multimedia untuk membuat program lanjutannya. Diharapkan dengan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris ini bapak ibu guru juga akan meningkatkan kualitas pengajaran di kelas, harapan kita dikelas pun bapak iu guru secara sederhana memakai bahasa Inggris meskipun hanya berupa istilah atau percakapan sederhana seperti memberi salam ini sangat bagus untuk menciptakan habituasi atau kebiasaan kepada siswa. Adi








^:^ : IP 3.234.214.113 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2019  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/