SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


11.04.2008 22:02:40 988x dibaca.
ARTIKEL
LUSTRUM KE-17 / ULTAH KE- 85 SD PANGUDI LUHUR SURAKARTA

Oleh FX Sutriyono
 
SD Pangudi Luhur Surakrta menurut catatan prasasti yang ada di tembok sekolah resmi berdiri pada tanggal 3 April 1923. Oleh karena itu pada tanggal 3 April 2008 ini sudah berusia 85 tahun atau Lustrum yang ke-17. Suatu perjalanan yang panjang bagi suatu sekolah terutama sekolah dasar di Indonesia. Memang SD ini sudah mengalami berbagai pergantian nama dari RK HIS, SR Purbayan, SD Bruderan , sampai nama yang sekarang ini SD Pangudi Luhur Surakarta.


SD Pangudi Luhur Surakarta yang terletak di Jalan Sugiyopranoto No. 1 Surakarta ini terdiri dari dua sekolah yaitu SD Pangudi Luhur I dan SD Pangudi Luhur II. Sebagai kepala sekolah yang sekarang bertugas di SD ini adalah Br. Antonius Parjana FIC, S.Pd sebagai kepala sekolah SD Pangudi Luhur I sekaligus sebagai Koordiantor, dan Ibu Catharina Musilah S.Pd sebagai kepala sekolah SD Pangudi Luhur II.


Usia 85 tahun merupakan usia yang matang bagi suatu sekolah. Banyak pengalaman, baik itu pengalaman pahit maupun manis, keberhasilan maupun kegagalan yang pernah dialami oleh SD Pangudi Luhur Surakarta. Semua itu merupakan dinamika suatu instansi. Memang kalau kita melihat sepertinya lebih banyak keberhasilan yang telah diraih. Hal ini terbukti dari prestasi yang jumlahnya sudah hampir tak terhingga, sampai tanggapan masyarakat yang sampai saat ini masih mengakui akan eksistensi sekolah ini.


Untuk segala dinamika tersebut, pada ulang tahun yang ke-85 atau Lustrum ke-17 sekolah ini diadakan beberapa macam acara. Acara yang pertama berupa Open House dan lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak TK seluruh Surakarta. Lomba yang diadakan meliputi lomba solo vokal, mewarnai gambar, dan lomba fashion show. Sedangkan sebagai puncak acara Lustrum ke-17 diadakan Misa Syukur dan pesta yang dilaksanakan tepat pada tanggal 3 April di Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat. Acara Misa Syukur dipimpin oleh romo-romo alumni sekolah ini dan romo-romo yang lain.


Selesai acara Misa Syukur diadakan acara pesta yang dihadiri oleh seluruh murid SD Pangudi Luhur beserta orang tua murid, para tamu undangan , dan para alumni yang semuanya berjumlah sekitar 2.500 orang. Suatu pesta yang sangat meriah dan penuh rasa syukur karena sampai usia 85 tahun SD Pangudi Luhur masih tetap mempunyai gaung di masyarakat, dan telah dapat meluluskan tunas-tunas bangsa yang telah terbukti mewarnai kemajuan di Indonesia pada umumnya.


Pada acara pesta tersebut, antara murid, guru, orang tua murid, dan alumni benar-benar menjadi kesatuan. Terbukti isian yang ditampilkan tidak hanya acara dari murid saja tetapi perpaduan dari murid, guru, orang tua murid, dan alumni.


Sungguh suatu kebanggan tersendiri bagi SD Pangudi Luhur yang kini telah berusia 85 tahun. Semoga namanya tetap jaya dan tetap dapat berkarya dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyebarkan nilai-nilai Injili, seperti cita-cita para pendahulunya. Jayalah selalu SD Pangudi luhur Surakarta. Dirgahayu..Dirgahayu…Dirgahayu...








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/