SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Senin, 16 Desember 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


31.01.2009 13:00:51 1122x dibaca.
ARTIKEL
LAHIRE SANG PAMARTO

Wayang Wahyu mengadakan pementasan di Auditorium RRI Solo. Dengan dalang Pak Bono dan mengambil cerita “Lahire Sang Pamarto” (Lahirnya sang Pewarta). Judul ini diambil karena bertepatan dengan bulan perayaan Natal. Pementasan wayang yang diprakarsai Bruder Antherus (Bruder kepala cabang YPL Solo) sekaligus untuk mengumpulkan guru dan karyawan cabang Solo dalam suatu forum rekoleksi. Dua bulan sebelumnya  beberapa guru dan karyawan YPL yang dimotori Pak Paryono dari SD PL Valentinus, Pak Lusi dari SD PL 1-2, Bu Agnesis dari SMP Bintang laut, dan Pak Ranto dari SMA Yosep ditambah beberapa insan seni sudah berlatih untuk pementasan ini. Mereka berlatih setiap hari rabu dan mendekati hari pementasan latihan ditambah hari Jumat. Akhirnya latihan keras ini dipentaskan tanggal 20 Desember 2009             

Pementasan Wayang Wahyu dan Rekoleksi dimulai pada pukul 8.30 pagi dengan doa, menyayikan lagu mars YPL dan lagu Hymne Guru. Ibu Mul dari SD PL 1-2, memimpin semua peserta menyanyikan lagu PRO ECCLESIA ET PATRIA (Untuk Gereja dan Tanah Air). Acara dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus materi singkat rekoleksi oleh Bruder Antherus. Dalam paparannya Bruder memaparkan kembali tentang karya kerasulan bruder FIC di Indonesia khususnya. Momen ini juga dimanfaatkan bruder untuk mengingatkan kembali para Guru dan karyawan tentang karya kerasulan yang kita emban untuk memajukan bangsa di bidang pendidikan. Para guru dan karyawan diharapkan menjadi pewarta sejati dengan meningkatkan pelayanan sebagai pendidik, dan menjadi lebih profesional dalam berkarya baik untuk sekolah, gereja, dan lingkungannya.

Materi singkat ini langsung disambung dengan pementasan Wayang Wahyu. Pak Bono selaku dalang segera beraksi dengan kelincahan tangan dan suaranya yang berganti menyesuaikan karakter. Lahire Sang Pamarta menceritakan tentang kelahiran Yesus Kristus yang ditunjuk untuk mewartakan kabar gembira dan ajaran cinta kasih di dunia. Dalam pementasan kali ini teks gendhing ditampilkan di layar LCD sehingga para penonton sedikit terbantu untuk memahami isi gendhing yang disajikan para Gerong. Rekoleksi ini merupakan hal baru bagi warga YPL di Solo dan secara intern merupakan sarana untuk pendalaman iman dengan melestarikan budaya asli kita, ujar Pak Paryono sebagai koordinator Rekoleksi ini.








^:^ : IP 3.234.214.113 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2019  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/