SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


21.08.2008 20:29:19 897x dibaca.
ARTIKEL
KEMAH SISWA HARI PRAMUKA 2008

Pada hari Kamis-Jumat tanggal 14-15 Agustus 2008 SD Pangudi Luhur Surakarta mengadakan kemah bersama siswa kelas 6 dan ketua regu kelas 5. Kegitan ini dilaksanakan untuk memperingati hari Pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus.

Acara di mulai pada pukul 14.30 dengan upacara pembukaan dan Kak Suroyo menjadi pembina menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperingatihari Pramuka dan mengajak siswa untuk lebih mandiri. Selain itu juga mengajak siswa untuk lebih bisa bekerja sama atau melakukan sesuatu dengan suatu team kerja yang baik. Setelah kegiatan MCK para penggalang didampingi Kak Catrine untuk melihat kembali mengenai perjalanan hidup dan kiat-kiat untuk sukses, para adik penggalang diberi motivasi untuk lebih baik. Dan dilanjutkan Bruder Anton yang memberikan paparan mengenai bagaimana meraih tujuan hidup. Setelah makan malam para penggalang menyiapkan kegiatan api unggun. Sesaat kemudian....Api kita sudah menyala...Api kita sudah menyala...pekik para penggalang. Kak Lusi dan Kak Ningrum segera beraksi memandu acara. Setiap regu menampilkan atraksi yang bermacam-macam ada sandiwara, tarian modern, dll. Setelah bersenang-senang para penggalang diajak oleh Kak Anik, Kak Irmina, dan Kak Edi dalam acara renungan.

Mungkin karena para adik penggalang jarang tidur di luar rumah jam 3 pagi mereka sudah bangun dan itu membuat suasana perkemahann seperti Pasar Legi saat pagi hari alias KEMRIYEK. Tapi itulah pengalaman dan pembelejaran untuk mandiri dan menjadi pribadi bertanggung jawab. Pukul 5 pagi mereka berbaris untuk melakukan senam dan lari pagi. Kegitan ini dipimpin oleh Kak Adi, sebelum lari mereka di ajak bermain untuk membentuk ombak seperti suporter sepak bola. Dilanjutkan dengan kegitan MCK dan makan pagi. Hebat sekali ya adik penggalang memasak nasi sendiri lhooo.

Inilah kegiatan yang mereka tunggu yaitu wide game. Mereka mulai berjalan dari pos 1 yaitu di sekolahan, disini mereka harus memecahkan sandi morse untuk melanjutkan perjalanan. Dalam kegiatan ini setiap kelompok menampilkan yang terbaik di setiap pos yang mereka lewati. Dimulai dari sekolah mereka berjalan ke arah Mangkunegaran pintu barat disana mereka menunjukkan kemampuan tali temali, dilanjutkan pos 3. dengan halang rintang melewati tunnel/terowongan lumpur dan Drum moving. Kemudian berjalan menuju Kebalen. Di pos 4 mereka menampilkan kemampuan dalam pengetahuan Pramuka. Kemudian di Pos 5 dengan menampilkan budaya dan seni daerah. Dan di pos terakhir ada kak yudi dan Kak Marta yang menilai kemampuan baris berbaris. Perjalanan dilanjutkan menuju sekolah.

Setelah makan siang kegiatan perkemahan ini diakhiri dengan mengemasi tenda dan peralatan. Dilanjutkan upacara penutupan maka berakhirlah kegiatan kemah untuk memperingati ari pramuka 2008. tidak lupa pula mengumumkan regu terbaik di mana di kleompok putri regu Tulip sebagai yang terbaik dan di kelompok putra regu Banteng menjadi kelompok terbaik.








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/