SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Senin, 16 Desember 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


03.10.2009 10:18:26 1197x dibaca.
ARTIKEL
DANDANGGULA UNTUK BAPA USKUP MGR. IGNATIUS SUHARYO, PR.

Misa perpisahan untuk Bapa Uskup Ig. Suharyo Pr dilaksanakan di Gereja Santa Maria Regina Purbawardayan, Solo. Misa ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 30 September 2009, pukul 17.00 dan dilanjutkan acara pahargyan di aula gereja pada pukul 19.00. dalam acara ini SD Pangudi Luhur Surakarta dengan semangat nguri-uri kabudayan Jawa menampilkan Macapat untuk menghibur Bapa Uskup sebelum bertugas di tempat yang baru.

Tembang Dandanggula dipersiapakan secara khusus oleh bapak Blasius Subono, yang juga dalang Wayang Wahyu dimana teks tembang dirubah khusus untuk pengabdian Bapa Uskup, dan untuk mendoakan Bapa Uskup di tempat tugas yang baru. Macapat ini sebagai penampil ke 2. Tika siswa kelas 5 yang merupakan juara se karisidenan Surakarta dan mewakili maju lomba macapat tingkat Jawa Tengah. Didampingi Daniel siswa kelas 4 memimpin teman-teman yang lain untuk menembangkan Dandanggula ini didepan ratusan tamu undangan termasuk bapak wakil walikota Bapak FX Hadi Rudyatmo.

“Amahargya sang Janma pinji, Uskup Agung ing kitha Semarang, Yekti gedhe wibawane, Monsigneur Ignatius Bapa Suharyo, kang kinapti, Nyata hambeg Brahmana, Suci serta Tulus, Asuh, asih tepaslira. Karyanira tansah bisa ngurakapi, Sagung bebrayan samya” demikian kutipan tembang Dandanggula tersebut. “Saya jadi tambah PD dan bangga bisa menembangkan Dandanggula ini khusus untuk Bapa Uskup dan di depan Bapak Wawali”, ujar Tika. Alhasih penampilan mereka sangat luar biasa dan mendapat apresiasi yang istemewa dari Bapa Uskup. Setelah tampil mereka turun panggung dan bersalaman dengan Bapa Uskup sekaligus juga memberi proficiat atas tugas baru yang akan diemban oleh Bapa Uskup. Kami SD Pangudi Luhur Solo juga mengucapkan terima kasih atas pendampingan Bapa Uskup dan semoga Bapa Uskup selalu mendapat berkat Tuhan untuk tugas/tempat yang baru. Kami juga mohon doa untuk siswa kami Acintya Tika dalam mengikuti lomba Macapat untuk tingkat Jawa Tengah.

Adi, SD PL Solo
3 Oktober 2009








^:^ : IP 3.234.214.113 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2019  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/