SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
SD Pangudi Luhur Surakarta - Jl. A. Sugiyopranoto No. 1 Surakarta 57111  Telp.(0271)645349 Fax:(0271)645566
Rabu, 12 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.11.2008 10:18:17 1012x dibaca.
ARTIKEL
CAMPING ROHANI SD SE-KEVIKEPAN SURAKARTA

Teman-teman, siapa yang suka camping? Pasti semua suka camping, apalagi kalau campingnya meriah dan menyenangkan.

Pada tanggal 25 – 26 Oktober 2008, kami sebagai wakil dari SD Pangudi Luhur Solo, mengikuti Camping Rohani yang diadakan di lapangan SMA St. Yoseph Solo, Peserta Camping ini terdiri dari perwakilan siswa SD Katolik se-kevikepan Surakarta.

Sesuai dengan nama acaranya, kegiatan ini bertujuan untuk membina rohani dan mengembangkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang baik bagi pramuka Penggalang. Kami diajak mendalami arti persaudaraan, kepercayaan diri, dan kerja sama.

Acara dimulai pada hari Sabtu pukul 13.00 WIB, dengan kegiatan pertama mendirikan tenda. Dalam mendirikan tenda kami masih dibantu oleh para guru pendamping Karen kami masih kesulitan dalam hal itu. Setelah tenda siap acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan, Kegembiraan mulai muncul saat kakak-kakak Pembina mengajak kami untuk bernyanyi dan tepuk tangan bersama.

Setelah bernyanyi untuk menyambut tamu undangan dengan berbagai lagu rohani dna menari, kami melanjutkan kegiatan yaitu Semaphore bendera. Sesaat kemudian sambil menunggu persiapan dari kakak Pembina acara api unggun segera dimulai. Diawali dengan mengucapakn 10 Perintah Allah. Pasti teman-teman masih ingat kan 10 Perintah Allah? Kemudian petugas segera menyalakan api unggun dengan iringan lagu Api Kita Sudah Menyala. Saatnya setiap sekolah menampilkan atraksi yang sudah dipersiapkan dari sekolah.Kalian pasti penasaran dengan atraksi kami? Ya kami menyiapkan tampilan berupa pembacaan puisi diiringi nyanyian tentang perjuangan. Atraksi dari sekolah lainberupa drama, tarian, nyanyian dan lain-lain. Setelah acara api unggun selesai, kami diajak untuk renungan malam di aula. Susasna dibuat sepi, hening, dan lampu dimatikan.Dalam renungan ini kami diajak menyadari keberadaan kami di lingkungan sekitar, menyadari peranan kami untuk sesama kami.

Pagi pukul 05.00 WIB kami melakukan senam pagi, dan setelah mandi kami berjalan ke gereja Santo Paulus Kleco untuk mengikuti perayaan Ekaristi. Setelah istirahat beberapa saat kami bersiap untuk berjalan lagi, kegiatan Wide Game. Kami harus melewati 4 pos dan melakukan sebuah tugas disetiap pos tersebut.

  1. Pos 1 : dinamika kelompok di mana kami harus memindahkan hollahop dari satu tangan ke tangan teman lain dengan bergandengan tangan.
  2. Pos 2 : Bersatu Pasti Bisa, di sini kami di minta membakar sepotong bambu dengan dua batang korek api.
  3. Pos 3 : Pramuka Pelestari Budaya, setiap regu harus membawakan joged tembang dolanan anak.
  4. Pos 4 : Mengerjakan soal-soal tentang agama Katolik.


Setelah makan siang kami memulai kegiatan bersih-bersih tenda, yang dilanjutkan dengan upacara penutupan. Teman-teman, mengikuti kegiatan kemah itu menyenangkan dan kita jadi tambah banyaak pengalaman baru lhooo, pokoknya asyik banget dech!!

 
By: Ratih Dwi Hapsari, kelas 6 B








^:^ : IP 18.207.98.97 : 2 ms   
SD PANGUDILUHUR I-II SURAKARTA
 © 2020  http://sdplsolo.pangudiluhur.org/